Sabtu, 15 September 2012

Sistem Endokrin

     Sistem endokrin adalah sistem kelenjar, masing-masing yang mengeluarkan jenis hormon ke dalam aliran darah untuk mengatur tubuh. Sementara kuat, organ-organ endokrin yang relatif kecil.
      Hormon adalah “pesuruh” kimia yang memiliki fungsi berbeda. Dalam aliran darah, hormon berjalann ke seluruh tubuh. Efek mereka bervariasi, dan semuanya penting bagi kehidupan. Beberapa contoh akrab hormon termasuk insulin, hormon tiroid, dan kortisol. Hormon ini penting dalam pengembangan diabetes, hipo-dan hipertiroidisme, dan penyakit Cushing.

      Kelenjar endokrin manusia pada dasarnya identik dengan kelenjar endokrin anjing dan kucing, baik dalam struktur dan fungsi. Kelenjar endokrin termasuk kelenjar pituitari, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, pankreas, kelenjar adrenal, ovarium, dan testis.

Pituitary Gland
    Kelenjar hipofisis terletak di dekat pusat dan bagian bawah otak. Ini menghasilkan sejumlah hormon penting yang mengontrol banyak bagian tubuh, termasuk beberapa kelenjar endokrin lainnya. Karena peran utamanya, kelenjar hipofisis sering disebut sebagai "kelenjar utama."
     Secara klinis, yang paling penting dari hormon termasuk hormon pertumbuhan (GH), adrenocorticotropin (ACTH), thyroid-stimulating hormone (TSH), dan hormon antidiuretik (ADH). Karena hormon kelenjar hipofisis menghasilkan begitu banyak, penyakit hipofisis, tumor hipofisis yang paling sering, dapat mengakibatkan berbagai kondisi yang berbeda. Tanda-tanda dan gejala penyakit bergantung pada hormon hipofisis yang terpengaruh.

Thyroid Gland
     Kelenjar tiroid adalah kelenjar dua lobed di leher, yang terletak di depan saluran udara pernapasan (trakea) dan di bawah apel Adam. Ini menghasilkan dua hormon yang mengandung yodium, tiroksin (juga disebut T4) dan triiodotironin (T3). Secara umum, tingkat hormon tiroid mengatur metabolisme, atau kecepatan di mana proses tubuh "lari."
Gangguan tiroid hasil dari terlalu sedikit atau terlalu banyak T3 atau T4. Gejala hipotiroidisme (hormon terlalu sedikit) termasuk energi menurun, lesu, berat badan, kulit kering, dan rambut rontok. Pada hewan muda, hipotiroidisme paling sering menyebabkan pertumbuhan terhambat dan dwarfisme.
     Hipertiroidisme (terlalu banyak hormon) adalah umum pada kucing. Tanda-tanda klinis yang umum adalah penurunan berat badan meskipun nafsu makan meningkat, gugup, rangsangan, muntah setelah makan, dan haus meningkat dan buang air kecil.

Parathyroid Glands
    Kelenjar paratiroid adalah empat kelenjar kecil yang terletak berdekatan atau dalam kelenjar tiroid. Kelenjar ini mengeluarkan hormon paratiroid (PTH). PTH membantu mempertahankan kalsium yang normal dan tingkat fosfor dalam tubuh dan sangat penting untuk perkembangan tulang yang tepat.
  Jika paratiroid dikeluarkan selama operasi tiroid, PTH darah akan jatuh (hipoparatiroidisme). Kalsium darah yang kemudian akan menjadi sangat rendah (hipokalsemia), menyebabkan tanda-tanda neuromuskular dari kejang otot atau berkedut, tetani, atau kejang.
     Sebuah tumor dari salah satu kelenjar paratiroid dapat menyebabkan sekresi PTH atau melepaskan terlalu banyak (hiperparatiroidisme). Kalsium darah yang kemudian akan menjadi terlalu tinggi (hiperkalsemia), menyebabkan rasa haus meningkat dan buang air kecil, kelemahan otot, dan kelelahan.

Endocrine Pancreas
    Pankreas adalah persegi panjang, kelenjar diratakan terletak di perut, berdekatan dengan lambung dan usus kecil. Sementara itu mengeluarkan cairan pencernaan untuk membantu pencernaan, fungsi endokrin adalah untuk mempertahankan glukosa sehat (gula darah) tingkat. Jika gula darah terlalu tinggi, seperti setelah makan, pankreas mengeluarkan insulin. Insulin bergerak gula dari darah ke dalam sel-sel tubuh, di mana ia digunakan untuk energi. Jika gula darah terlalu rendah, pankreas melepaskan glukagon. Glukagon rilis gula, disimpan dalam hati sebagai glikogen, kembali ke aliran darah. Diabetes, ketidakseimbangan kadar gula darah, adalah gangguan utama dari pankreas. Diabetes terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan insulin yang cukup atau tubuh resisten terhadap insulin dalam darah. Tanpa insulin yang cukup untuk menjaga glukosa bergerak melalui proses metabolisme, tingkat glukosa darah meningkat terlalu tinggi. Kebanyakan anjing dan kucing dengan diabetes membutuhkan suntikan insulin untuk melakukannya dengan baik, meskipun beberapa dapat dikelola dengan kombinasi diet atau obat oral.
     Sebuah kondisi yang disebut hiperinsulinisme disebabkan oleh insulin terlalu banyak dan menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah). Hal ini paling sering terlihat ketika pemilik anjing secara tidak sengaja overdosis diabetes atau kucing dengan insulin. Kurang umum, sebuah insulinoma (mensekresi insulin tumor pankreas) akan menyebabkan hipoglikemia. Gejala gula darah rendah termasuk kecemasan, kelemahan, dan kejang.

Adrenal Glands
     Kedua kelenjar adrenal terletak di atas setiap ginjal. Kelenjar adrenal dasarnya mengandung dua organ endokrin yang terpisah. Bagian luar atau inti dari kelenjar adrenal disebut korteks adrenal. Bagian dalam dari kelenjar disebut medula adrenal. Hormon-hormon korteks adrenal yang penting untuk kehidupan dan hormon-hormon medula adrenal tidak.
     Korteks adrenal menghasilkan glukokortikoid (misalnya, kortisol) yang membantu tubuh mengendalikan gula darah, meningkatkan pembakaran protein dan lemak, dan merespon terhadap rangsangan stres, seperti demam, penyakit utama, dan cedera. Para mineralokortikoid (misalnya, aldosteron) kontrol volume darah dan membantu mengatur tekanan darah dengan membantu ginjal berpegang pada natrium dan air. Sindrom Cushing (terlalu banyak kortisol) dan penyakit Addison (kortisol terlalu sedikit) adalah dua yang paling umum gangguan korteks adrenal. Gejala sindrom Cushing umumnya meliputi peningkatan haus dan buang air kecil, perut yang membesar, dan rambut rontok di bagasi. Gejala dari penyakit Addison termasuk nafsu makan yang buruk, penurunan berat badan, kelemahan, dan muntah.
    Medula adrenal menghasilkan epinefrin (adrenalin), yang meningkatkan denyut jantung, membuka saluran udara untuk meningkatkan asupan oksigen, dan meningkatkan aliran darah ke otot. Medula adrenal mensekresi epinefrin biasanya ketika seseorang takut, gembira, atau di bawah stres. Medula adrenal juga mensekresi norepinefrin, namun hormon ini lebih berhubungan dengan mempertahankan kegiatan normal sebagai lawan reaksi darurat. Tumor medula adrenal (disebut pheochromocytoma) dapat menghasilkan rasa haus meningkat dan buang air kecil, denyut jantung meningkat, dan gelisah.

Testes
    Seperti pada manusia, anjing jantan dan kucing unneutered memiliki kelenjar reproduksi kembar, testis yang disebut, yang menghasilkan hormon testosteron. Testosteron membantu laki-laki muda mengembangkan dan kemudian mempertahankan ciri seksual.

Ovaries
     Kelenjar reproduksi wanita, indung telur, memproduksi estrogen dan progesteron. Hormon ini bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara ciri-ciri seksual wanita, serta mempertahankan kehamilan. Seiring dengan hormon hipofisis tertentu (misalnya, hormon luteinizing [LH] dan follicle-stimulating hormone [FSH]), mereka mengendalikan siklus estrus (semacam "siklus menstruasi" untuk hewan, meskipun hewan tidak mengalami menstruasi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar